STUDI ANALISIS KETERAMPILAN TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA PADA PEMAIN SEPAK BOLA UHO U-21
DOI:
https://doi.org/10.36709/jolympic.v3i2.40Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengumpulkan informasi tentang keadaan nyata sekarang dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan dasar permainan sepak bola yang terdiri dari dribbling, passing, shooting, heading pemain sepak bola UHO U-21. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling. Instrumen penelitian atau alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan pengukuran yaitu dari 1)Tes keterampilan dribling bola menggunkan tes slalom dribling, 2) Tes ketepatan passing bola, menggunakan tes accuracy pass, 3)Tes keterampilaan heading bola, menggubakan tes ketrempilan heading 30 detik dan 4) Tes keterampilan shooting bola, menggunakan tes menendang bola ke sasaran. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) hasil keterampilan teknik dasar menendang bola (shooting) Pemain UHO U-21 yaitu sebesar (58.85%) dengan rata-rata pemain mencapai nilai 9,53 dengan persentase sebesar (50%) dengan kategori cukup karena terletak di interval 41%-60%. 2) Hasil keterampilan teknik dasar menyundul bola (heading) Pemain UHO U-21 yaitu dengan persentase sebesar (74%), rata-rata pemain mencapai nilai 18,60 dengan kategori baik karena terletak di interval 61%-80%. 3) Hasil keterampilan teknik dasar menggiring bola (dribbling) Pemain UHO U-21 yaitu dengan persentase (90%), rata-rata pemain mencapai kisaran waktu 20,30 detik dengan kategori sangat baik karena terletak di interval 80-100%. 4) Hasil keterampilan tes mengumpan dan menghentikan bola (passing dan control) rata-rata pemain hanya mencapai nilai 16,13 dengan persentase (77%) dengan kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan teknik dasar sepak bola pemain UHO U-21 yaitu dengan persentase sebesar 74% tergolong baik karena terletak pada interval 61% - 80%.
Downloads
References
Amirullah dan Haris Budiyono. (2014). Pengantar Manajemen. Graha Ilmu.
Harsono. (2020). Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching. Tambak Kusuma CV.
Hulfian, L. (2014). Penelitian Dikjas. Garuda Ilmu.
Luxbacher, J. A. (n.d.). Sepak Bola Edisi Kedua. PT Raja Grafindo Persada.
Ma’mun, A. dan Y. M. S. (2020). Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Marfuah. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Pendidikan ilmu social.
Nurhasan. (2013). Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani. STKIP .
Sugiyono. (2019). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.
Syafrudin, A. dan M. (2018). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Depdikbud.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Laode Irlan Rufi, Muhtar Asshagab, Asmuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.